Curhat Sahabat

Kalau sahabatmu bercerita kepadamu tentang kesedihannya karena tidak dipuja setelah dia melakukan banyak kebaikan,maka berikan kepadanya nasihat sederhana berikut ini.
Ketahuilah bahwa apa yang engkau berikan kepada orang lain tidak selamanya akan dihargai sebagai suatu pemberian ang baik.
Kadang pemberianmu itu membawa kepada hujatan yang menyakitkanmu. Bahkan satu ucapan terima kasih sederhana pun tiada engkau dapatkan. Sebagian lagi malah dengan ringan hati menghujatmu bahwa apa yang engkau berikan itu adalah dari hasil yang tidak baik, dari hasil kejahatan atau korupsi, atau dari menipu.
Jadi orang-orang itu karena rasa irinya yang dalam terhadapmu malahan menyebarkan kabar buruk tentangmu. Dan engkau merasa begitu sedih dan tertikam hatimu mengingati kebaikan-kebaikan yang sudah engkau lakukan untuk mereka.
Engkau mengingat-ingatnya begitu dalam dan duka. Sehingga engkau bertanya-tanya apakah yang salah telah engkau lakukan kepada mereka. Engkau mencari-cari sampai hal-hal kecil sepele yang bisa membuatmu percaya telah ada salah engkau lakukan. Dan ketika hal-hal kecial pun tidak engkau temukan, mulailah engkau mengira-ngira sendiri kesalahan-kesalahan yang sesungguhnya tidak ada.
Engkau berduka begitu dalam, sementara orang-orang yang engkau bantu bersorak gembira melihatmu berduka. Engkau sendirian dalam kesedihan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *