Negeri Yang Merdeka

Negeri yang merdeka adalah negeri yang dilimpahi kesejahteraan dan kebahagiaan yang tidak ada satupun penduduknya bersedih dan terlunta, yang terlihat di setiap sudutnya hanyalah kegembiraan kanak-kanak yang menular dari satu wajah ke wajah lainnya ke wajah lainnya dan ke wajah lainnya semuanya.  Tiada lagi muka masam yang kecut oleh ketidakadilan yang terpapar, tiada lagi wajah garang yang menekuk karena marah menindas hati yang lemah, tiada lagi cekung pipi yang kopong karena gizi kurang, tiada lagi mata kosong yang bodoh karena kurang didik. Yang ada hanya kebahagian yang senyumnya saja menularkan harapan hidup yang membuncah menembus birunya langit bersih.

Negeri yang merdeka adalah negeri yang hidup, begitu hidupnya hingga tiada sapa yang tak terjawab dengan bombong, mongkog mengunggahkan terima kasih yang terus menular. Tiada lagi umpatan yang menepikan  empati , tiada lagi jalan yang tak tersibakkan untuk yang perlu lewat , tiada lagi  janji dan harapan yang diingkari karena kepandaian berkata terselewengkan untuk menipu, tiada lagi serapah yang menyumpah mampus  geblek  karena kemacetan yang pekak. Yang ada hanya terima kasih yang tulusnya menularkan kebanggaan dan harga diri sejati.

Negeri yang merdeka adalah negeri yang dihantui oleh masa depan yang dekat maupun yang jauh, yang membacakannya saja sudah menggugah semangat mencipta  yang menular dari satu  kecerdasan berpikir ke kejeniusan berkarya.  Tiada lagi tas mewah bermerk luis vitton ditenteng ibu menteri dalam pencanangan mencintai produk lokal, tiada lagi copy paste tesis demi gelar akademis, tiada lagi  kebanggaan masa lalu yang menenggelamkan kekinian. Yang ada hanyalah  penciptaan tiada henti yang menularkan hasratnya ke setiap pasang  tangan kaki untuk mandiri.

Negeri yang merdeka adalah negeri yang kita semua, bukan negeri yang aku yang kamu atau yang mereka.  Tiada lagi aku yang mengkamu aku yang lain, tiada lagi kamu yang mengaku kamu yang lain, tiada lagi mereka yang menghakimi mereka yang lain. Yang ada hanyalah kita yang menyatu dan menyeluruh, yang setiap mengaku selalu menjadi kita semua.

Selamat merdeka, negeriku yang mencari.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *