The Law of Repetition

Berkenaan dengan jiwa manusia dan perilakunya, ada satu teori yang sangat tepat dan sudah terbukti kebenarannya. Teori itu bernama teori perulangan -the law of repetition-.
Ini adalah suatu teori yang mengandaikan bahwa manusia sebenarnya cenderung untuk selalu mengulang-ulang apa yang telah pernah dia lakukan di masa lalunya menjadi sebuah kebiasaan yang akan terus dia bawa sampai tua. Macam-macam kebiasaan itu yang terbentuk dari kecil, terbentuk ketika dia anak-anak, remaja dan pada awal masa dewasanya. Dan itu menjadi suatu ciri khas perilakunya yang sulit untuk berubah meski dia telah melakukan berbagai macam cara untuk mengubahnya. Sebuah karakter bentukan yang laten.
Yang aneh adalah, kebiasaan-kebiasaan yang berulang ini dapat menemukan bentuk barunya, artinya manusia sejalan dengan perjalanan hidupnya dapat mengoleksi berbagai kebiasaan baru baik yang dipelajarinya dengan sengaja maupun yang tidak sengaja ditirunya dari karakter lain.
Teori ini menempatkan manusia pada dua sisinya yang nyata, yaitu dr jekcyl dan mr hyde. Bahwa manusia memiliki karakter yang bersifat dualisme, baik dan buruk, mulia dan jahat. Karakter itu ada di dalam diri manusia, yang memungkinkan manusia untuk memiliki variasi perulangan perilaku yang sangat luas. Dan demikian selalu misterius. Pada dasarnya manusia atau lebih tepatnya jiwa manusia memang misterius. Penuh dengan keajaiban yang mengagetkan.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *